Country

Musik country adalah campuran dari sejumlah unsur musik Amerika yang berasal dari Amerika Serikat Bagian Selatan dan Pegunungan Appalachia. Musik ini berakar dari lagu rakyat Amerika Utara, musik keltmusik gospel, dan berkembang sejak tahun 1920-an. Istilah musik country mulai dipakai sekitar tahun 1940-an untuk menggantikan istilah musik hillbilly yang berkesan merendahkan. Pada tahun 1970-an, istilah musik country telah menjadi istilah populer. Istilah lain untuk genre musik ini adalah country and western, namun sudah semakin jarang dipakai kecuali di Britania Rayadan Irlandia.

1. Taylor Swift

Taylor Swift lahir di Reading, Pennsylvania, 13 Desember 1989, tapi dibesarkan di Wyomissing, Pennsylvania. Taylor berhasil memulai debutnya sebagai penyanyi profesional dengan merilis album “Tim McGraw” (2006). Berkat album tersebut nama Taylor sebagai penyanyi semakin dikenal. Dua tahun kemudian, Taylor merilis album kedua berjudul “Fearless” (2008). Album tersebut berhasil membuatnya meraih penghargaan di ajang Grammy diantaranya untuk kategori Album of the Year dan Best Country Album. ia adalah musisi country yang paling dikenal di Dunia & Indonesia saat ini.

Image
Taylor Swift

2. Billy Ray Cyrus

Billy Ray Cyrus (lahir William Ray Cyrus, 25 Agustus 1961) adalah penyanyi, penulis lagu, dan aktor Amerika Serikat yang paling dikenal dengansingelnya “Achy Breaky Heart”. Cyrus merupakan penyanyi yang pernah mendapatkan nominasi Penghargaan Grammy dan memiliki delapan lagu yang masuk dalam sepuluh teratas tangga lagu country Billboard. Dari tahun 2001 sampai 2004 Cyrus membintangi serial televisi Doc. Sejak tahun 2006, Cyrus menjadi pemeran dalam serial televisi Disney Channel, Hannah Montana, yang dibintangi oleh anaknya, Miley Cyrus.

Billy Ray Cyrus

3. Johnny Cash

Johnny Cash (lahir J. R. Cash, 26 Februari 1932 – 12 September 2003) adalah seorang penyanyi salah satu terpopuler sejak awal tahun 1950an sampai akhir 1980an yang paling terkenal dengan gaya musik country dan blues dari AS. Ia adalah suami dari penyanyi country June Carter Cash. Cash terkenal dengan sebutan “man in black” meninggal akibat penyakit diabetes.

Lagu-lagunya yang terkenal di antaranya adalah “I Walk the Line”, “Folsom Prison Blues”, “Ring of Fire”, dan “The Man in Black”, “Orange Blossom Special”, “So Doggone Lonesome” dan masih banyak lagi. Dalam kariernya yang membentang 50 tahun, ia menjual lebih daripada 80 juta keping album.

Johnny Cash

4. Miranda Lambert

Miranda Leigh Lambert Shelton (lahir 10 November 1983; umur 29 tahun) adalah seorang penyanyi dan penulis lagu Country berkebangsaan Amerika Serikat yang meraih ketenaran setelah menjadi finalis Nashville Star dan menempati urutan ketiga. Lambert merilis album debutnya dengan judul Kerosene pada tahun 2005 dibawah naungan label Epic Records.  Setelah Epic Record ditutup, Lambert kemudian dipindah ke label Columbia Nashville untuk merilis album keduanya Crazy Ex-Girlfriend pada tahun 2007. Gunpowder & Lead menjadi hit top 10 pertamanya, dengan puncak posisi 7 pada bulan July 2007. Album ketiganya, Revolution dirilis pada September 2009. 5 single telah dirilis dari album tersebut, termsuk 2 single No. 1 yaitu “The House That Built Me” yang menempati posisi jawara selama 4 minggu berturut-turut dan “Heart Like Mine”. Miranda Lambert telah dianugerahi berbagai penghargaan tinggi, termasuk Grammy Awards, Country Music Association Awards dan Academy Of Country Music Awards.

Miranda Lambert

5. Lady Antebellum

Lady Antebellum adalah sebuah grup country music yang berasal dari Nashville, Tennessee, Amerika Serikat. Grup ini terbentuk tahun 2006 dengan anggota 3 orang yaitu Charles Kelley (vokal), Dave Haywood (ackground vokal, gitar, piano, mandolin) dan Hillary Scott (vokal). Grup ini memulai debutnya tahun 2007 di single Jim Brickman yang berjudul “Never Alone”, sebelum menandatangani kontrak dengan Capitol RecordsNashville dan meluncurkan “Love Don’t Live Here”.

Lady Antebellum mendapatkan penghargaan Top New Duo or Group tahun 2009 oleh Academy of Country Music dan New Artist of the Year tahun 2008 oleh Country Music Association. Selain itu, mereka juga mendapat 2 nominasi di Grammy Awards tahun 2009 (51st Grammy Awards); dan 2 nominasi lagi di 52nd Grammy Awards tahun 2010. Grup ini mendapatkan 6 nominasi lagi di acara Grammy Awards ke 53 tahun 2011, dan akhirnya memenangkan 5 diantaranya Lagu Tahun Ini dan Album Tahun Ini.

Lady Antebellum

Leave a comment